Jumat, 26 Juli 2013

Abstrak Mahasiswa Tugas Akhir Desain Tahun 2013

Desain merupakan kata yang mengacu kepada kata Design dalam bahasa Inggris yang memiliki arti “merancang”. Istilah desain seringkali digunakan untuk kegiatan yang bervariasi, walaupun lebih banyak digunakan dalam konteks bidang teknik dan berkaitan dengan aktivitas. Oleh karena itu kata desain menjadi lebih memiliki arti paduan antara “seni dan ketrampilan”
Jika mengacu kepada dunia seni rupa di Indonesia. Kata desain telah dijabarkan secara lengkap oleh Agus Sachari & Yan yan Sunarya di dalam bukunya yang berjudul “Sejarah Dan Perkembangan Desain & Dunia Kesenirupaan Di Indonesia” Maka desain juga merupakan “kegiatan yang berhubungan dengan merancang dalam arti luas.”
Dengan hadirnya Abstrak Perancangan dalam blog ini. Diharapkan dapat membuka wawasan pembaca dalam melihat suatu rancangan dalam bentuk penulisan abstrak yang disertakan dengan bentuk rancangan yang ada, serta perancangnya.
Selamat Menikmati


“KEY-VISUAL” PADA PERUSAHAAN KOPI MAHARAJA SEBAGAI MEDIA PROMOSI
Program Studi Desain Produk
Universitas Mercu Buana Jakarta, Juni 2013

Oleh : Muhammad Yan Dirga

Abstrak
Sebuah produk atau brand tidak hanya berhenti pada merek dagang beserta simbol-simbol nya, pengetahuan konsumen mengenai logo produk atau Brand dan elemen visual lainnya berdampak pada ketetapan persepsi baik dari konsumen hingga terjalin kontinuitas/ kesinambungan antara konsumen terhadap suatu brand.
Memberikan keunggulan sebuah citra merek sekaligus memperkenalkan kembali ke masyarakat luas dalam persaingan pasar yang bersaing ketat, menjadi inti dari studi perancangan, Promosi ditujukan untuk berusaha mendapatkan perhatian dari calon pembeli, karena menjadi titik awal proses pengambilan keputusan di dalam membeli suatu barang atau jasa, sampai menciptakan dan menumbuhkan keinginan pada diri calon pembeli.
Rasa ingin tahu calon pembeli untuk memiliki barang yang ditawarkan, hal ini menjadi tahap kelanjutan dari sebelumnya. Bagi calon pembeli merasa mampu maka rasa ingin memilikinya pun semakin besar diikuti oleh suatu keputusan untuk membeli. Perancangan desain key-visual sebagai media kreatif utama dibuat menjadi lebih dari satu tema, guna memberikan varian pada visual.
Kata kunci : Brand, Kopi, Key-visual
  

“Perancangan Promosi Dust Bag Boogy Travel”
Program Studi Desain Produk Jurusan Desain Produk
Universitas Mercu Buana Jakarta, Juni 2013

Oleh : Rangga Satria


Abstrak
Kebutuhan akan produk yang berkualitas bagi ibu hamil sangatlah didambakan bagi konsumen di Indonesia, maka dari itu “boogybaby” selaku produsen penyedia kebutuhan ibu melahirkan dan bayi di bawah 2 (dua) tahun ingin merangkul lebih banyak konsumen di Indonesia terutama kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya.
Menjanjikan sebuah penjualan yang menguntungkan namun diikuti dengan compliment atau dengan kata lain pemberian Cuma-Cuma sebagai apresiasi bagi para konsumen yang membeli produk unggulan dari perusahaan ini, yaitu “boogy travel”. Dengan melihat kondisi biaya dan penjualan dari “boogy travel”. Adanya peningkatan pelayanan konsumen melalui  produknya, memberikan sebuah tambahan tas pelindung bagi pembeli “boogy travel”, sehingga kemudahan dan kenyamanan konsumen ketika membeli produk “boogy travel”, akan lebih terapresiasi dengan pemberian tambahan dust bag sebagai pembungkus tas “boogy travel”, ketika membeli dan bisa menjadi sebuah nilai jual yang menjanjikan guna menarik target konsumen yang lebih luas dalam penjualan.
Dengan mengangkat 7 (tujuh) hewan endemik indonesia, pilihan dust bag bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen ketika membeli tas “boogy travel”, sehingga ada pengalaman yang baru ketika membeli tas, tidak hanya dust bag yang diberikan namun dengan mengangkat karakter hewan endemik Indonesia yang bisa di aplikasikan sebagai mainan anak, maupun membawa mood yang lebih baik, ketika memilih produk untuk kebutuhan si Ibu maupun si bayi.                        
Kata kunci : dust bag, boogy travel , hewan endemik


PERANCANGAN WEBSITE DESAIN CELEBRITY PANCAKE
Program Studi Desain Produk Jurusan Desain Produk
Universitas Mercu Buana Jakarta, Juni 2013

Oleh : Kristanto

Abstrak
Perkembangan web design sebagai sarana untuk mengembangkan usaha pada saat ini sangatlah penting. Hal ini disebabkan perkembangan teknologi internet yang sangat maju memberikan peluang kepada perusahaan, terutama di bidang kuliner untuk membantu dalam hal mempromosikan produk makanannya.
Tujuan dari perancangan website ini adalah untuk memberikan kemudahan terhadap konsumen dalam mendapatkan informasi atau produk baru, memberikan media promosi yang lebih mudah dalam sistem promosi penjualan dengan memasarkanb atau menjual produk di dunia maya, untuk meningkatkan informasi tentang keberadaan perusahaan dan untuk memperluas koneksi atau jaringan perusahaan.
Dengan adanya desain website diharapkan dapat mendorong perusahaan berkembang secara pesat dalam meningkatkan penjualan dengan media promosi yang ditampilkan dalam dunia maya.
Kata Kunci : Teknologi, Website, Penjualan, Media promosi, Kuliner

                         


PERANCANGAN LETTERS/HURUF BERDASAR KARAKTER TANJIDOR
Program Studi Desain Produk
Universitas Mercu Buana Jakarta, juni 2013

Oleh : Tri Angga Cahyo Gumelar

Abstrak
Tanjidor adalah alat musik tiup yang biasa dimainkan pada saat acara iring-iringan pengantin, dalam perayaan HUT Jakarta, pawai atau peringatan hari besar. Musik tanjidor diduga berasal dari bangsa Portugis yang datang ke Betawi pada abad 14 sampai 16.
Pada zamannya, tanjidor merupakan iringan wajib dalam setiap perhelatan masyarakat Betawi. Kurang minatnya generasi muda dalam mendalami kesenian tanjidor menjadi alasan mengapa kesenian adat setempat ini menjadi begitu kritis. Tak jarang untuk mempertahankannya para musisi tanjidor usia lanjut harus berjuang sendiri dalam merawat dan memainkannya. Hal ini menjadi permasalahan serius yang harus segera dicari solusinya. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan masyarakat untuk memiliki dan melestarikan tanjidor sebagai budaya Betawi.
Salah satu strategi yang bisa dilakukan sebagai upaya untuk melestarikan tanjidor sebagai hasil budaya Indonesia ialah melalui perancangan desain huruf (komunikasi visual). Sebagai disiplin ilmu, perancangan desain huruf (komunikasi visual) menitikberatkan pada penyampaian pesan secara visual. Perancangan ini dilakukan agar pesan mampu mempengaruhi penerima pesan, sehingga dapat menjadi sarana pemecah masalah. Tipografi, sebagai simbol bunyi merupakan perangkat ampuh desain komunikasi visual dalam menyampaikan pesan dengan baik. Karya desain komunikasi visual pada Tugas Akhir ini merancang huruf baru melalui pendekatan bentuk alat tanjidor sebagai sebuah tema.
Pada perancangan huruf Tanjitawi ini bukan saja mengeksplorasi bentuk alat tanjidor namun juga sebagai wujud melestarikan agar tidak punah dan memunculkan generasi-generasi yang baru.
Kata kunci: Huruf, Tanjidor, Pelestarian, Desain Komunikasi Visual, Media Komunikasi Visual

                        

Perancangan, bukan sekedar pertanyaan bagaimana kita merancang. Namun disamping itu akan berkaitan erat dengan bagaimana kita memperlakukan proses merancang. Terlebih lagi dengan adanya faktor yang dapat mempengaruhi perlakuan kita terhadap rancangan itu sendiri. Bukankah kita ingi memberikan yang terbaik untuk rancangan kita. Hal tersebut akan terjawab melalui perlakuan kita terhadap rancangan itu sendiri.
Terima Kasih



ardesign26

Tidak ada komentar:

Posting Komentar